RINDHA SELFIYANA
Blog Universitas Komputer Indonesia
Daftar Blog Lainnya
Kategori
BLOGROLL
Alexa Rank

Teknologi Terbaru Yang Membuat Kita Takjub

Teknologi Terbaru Yang Membuat Kita Takjub
Perkembangan teknologi sangatlah cepat dan seringkali membuat kita takjub, tercengang, bahkan beberapa dari kita sering tidak menyangka mengenai teknologi tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas beberapa teknologi terbaru yang akan populer di tahun 2022 sampai ke depan.
 
 
 

Teknologi Terbaru Yang Menarik Untuk Disimak

Ada banyak sih sebenarnya perkembangan teknologi dari berbagai industri, mulai dari industri konstruksi bangunan, industri consumer good, dan sebagainya.

Big Data

Bukan merupakan sebuah teknologi baru tapi Big Data memegang peranan penting dalam berbagai industri saat ini. Big Data merupakan sebuah teknologi penggunaan data yang sangat banyak untuk menghasilkan sebuah strategi bisnis yang sangat efektif. Beberapa contoh perusahaan dan teknologi yang menggunakan Big Data adalah seperti Google, Amazon, dan tentu Microsoft, dan Facebook (Meta).

Cloud

Cloud Computing juga merupakan salah satu teknologi terbaru yang akan banyak digunakan di tahun 2022, seterusnya. Di Indonesia sudah sangat banyak startup cloud software, computing yang menjamur. Sebut saja perusahaan gojek, tokopedia, bukalapak, dan sebagainya. Ada juga beberapa perusahaan rintisan lain yang menggunakan teknologi cloud sebagai sandaran utama mereka.
 
Kondisi pandemi ini juga mendorong ukm ikut menggunakan fasilitas cloud software untuk tetap mempertahankan bisnis mereka.

Perangkat Keras Dengan Koneksi Beragam

Perkembangan teknologi dari sisi perangkat elektronik juga akan terus maju pesat. Mulai dari perlengkapan rumah tangga akan mulai bisa tersambung dengan internet, terintegrasi dengan jaringan LTE/4G dan internet untuk memudahkan penggunaan. Smart TV, speaker, kamera cctv, dan sebagainya sudah mulai dibuat dengan terkoneksi dengan internet. Produsen populer seperti Samsung, LG, Xiaomi, terus berlomba untuk menghasilkan produk yang bisa dijangkau oleh setiap segmen pasar mereka masing - masing.

Mata Uang Digital

Secara lebih lanjut mata uang digital sendiri menjadi sangat populer terlebih karena beberapa tahun belakangan ini beberapa mata uang digital seperti bitcoin, NFT, dan sebagainya sudah mulai dikenal masyarakat yang ada di Indonesia. Ke depannya mungkin peran dari mata uang digital akan sangat penting untuk kehidupan, dan peraturan atau regulasi yang lebih jelas mengenai mata uang digital pasti juga akan mulai dipikirkan dan dibentuk.

Metaverse

Facebook melakukan investasi besar - besaran dengan mengganti nama mereka menjadi Meta. Dan di sini kita bisa tahu bahwa ada sebuah teknologi yang disebut dengan Metaverse dimana menurut CEO Facebook (Meta), Mark Zuckerberg, Metaverse adalah sebuah internet “fisik” dimana kita tidak hanya mengkonsumsi konten dari internet, melainkan kita adalah bagian dari internet.
 
Metaverse tidak dan bukan merupakan satu bagian dari teknologi tertentu melainkan banyak juga brand dan pemain lainnya yang ikut tertarik ke salah satu teknologi terbaru satu ini. Beberapa contoh produk Metaverse adalah seperti perangkat kacamata AR/VR. Saat memakai kacamata ini kita bisa berjalan - jalan di sebuah pantai tertentu tanpa harus keluar rumah.

Transportasi Otomatis

Google, Tesla, Amazon berlomba mengembangkan teknologi yang disebut kendaraan tanpa pengemudi. Ya, walaupun masih jarang kita temui di kehidupan sehari - hari, namun pemandangan mobil tanpa awak akan sangat mudah ditemui di silicon valley, markas perusahaan teknologi yang ada di dunia.
 
Bahkan saat ini perkembangan transportasi otomatis ini juga merambah ke penerbangan dan aviasi. Drone mulai dijajal untuk digunakan sebagai alat angkut darurat, digunakan untuk mengangkut alat pacu jantung untuk tujuan darurat. Kedepannya pasti penggunaan drone yang mampu mengangkut manusia juga pasti sedang dikembangkan.
 
Terlihat beberapa informasi seputar taxi drone yang dikembangkan Joby Aviation, sebuah perusahaan aviasi. Perusahaan ini melakukan uji coba penerbangan taxi drone dengan menempuh jarak sekitar 150 mil, pada juli 2021. Taxi drone ini mampu mengangkut 4 orang penumpang dengan kecepatan 200 mph dengan jarak lebih dari 150 mil, sehingga menarik perusahaan otomotif asal jepang Toyota untuk melakukan investasi.
 
Taxi satu ini membutuhkan sebuah landasan pacu kecil atau disebut dengan skyports untuk menjemput dan mengantar penumpang. Layanan ini kemungkinan juga baru bisa digunakan di negara amerika serikat dalam tahun mendatang.

AI

Oke Artificial Intelligence sendiri adalah sebuah teknologi yang sangat luas dan memiliki berbagai cabang. Dari sisi penerapannya mungkin kita sudah banyak melihat berbagai produk yang dihasilkan menggunakan teknologi satu ini. Pada dasarnya semua produk internet menggunakan teknolog AI, pencarian google, rekomendasi film di Netflix, dan rekomendasi produk di Amazon, semuanya menggunakan teknologi AI.
 
Kemudian untuk beberapa produk fisik rumah tangga seperti Vacuum Cleaner, smart tv, lampu pintar, juga merupakan salah satu contoh AI. Menurut kami kedepannya akan semakin banyak perangkat yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan satu ini. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 23 Februari 22 - 22:10 WIB
Dalam Kategori : TEKNOLOGI TERBARU YANG MEMBUAT KITA TAKJUB
Dibaca sebanyak : 757 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback